We're just trying to give meaning to life and makes life more meaningful.

.

29 April 2013

Playlist Lagu dan Video di Website


Membuat daftar putar lagu maupun video di website bagi seorang websmaster memang gampang-gampang susah. Susahnya adalah terkadang sulit untuk membuat code (entah itu php atau html) yang bisa menampilkan daftar putar tersebut dan kompatibel dengan hampir semua browser yang ada. Terkadang sebuah code ditulis dan sudah ditest lancar di browser IE namun ternyata tidak berjalan di Firefox maupun Chrome. Demikian juga dengan format yang sesuai dengan tipe video yang hendak di putar di website, karena tidak semua format video maupun audio bisa dikenali dengan baik oleh bahasa html maupun php.

Nah karena alasan itu pula terkadang kita frustasi dibuatnya. Maka menggunakan aplikasi pihak ketiga terkadang menjadi pilihan yang tepat dan memudahkan hidup, :D ketimbang harus meracik sendiri code-codenya yang bisa membuat kepala botak.

Kalau hanya untuk memuat satu lagu atau video saja sih mungkin cukup mudah dengan menggunakan html maupun html5. Namun kalau sudah mau membuat playlist dari banyak lagu atau video, wah... Eh... Lah ...

Ada banyak aplikasi pihak ketiga (maksudnya yg dibuat orang gitu loh) untuk pemutar audio dan video yang bisa membuat playlist plus thumbnailnya. Disini saya hanya memilih salah satunya, yang cukup mudah digunakan dan dicustomisasi. Untuk pemutar audio yang bisa playlist dan bisa secara otomatis mengenali setiap audio yang ditambahkan ke dalam direktori lagu yang akan diputar, ada Flash MP3 Player. Saya tidak membeirkan linknya, silahkan dicari DISINI. Untuk video saya rekomdendasikan memakai aplikasi Moyea-DIY, silahkan KESINI. Aplikasi ini akan menggenerate video yang kita buat, dan kita bisa membuat capture dari video yang diputar dan ditampilkan di playlist. Silahkan diexplorasi sendiri.

Hidup ini memang mudah jika kita tahu caranya...

0 komentar:

Posting Komentar