We're just trying to give meaning to life and makes life more meaningful.

.

26 Agustus 2011

Cloud Drive atau Virtual Drive Online

Entah apa yang mendasari perusahaan2 yang menyediakan drive secara online bagi para penggunanya. Sekarang banyak sekali bermunculan penyedia jasa seperti ini, sebut saja salah satunya yang menyediakan space cukup lega misalnya, petandrive (www.petandrive.com), tak tanggung-tanggung, space yang ditawarkan adalah 1TB (1.000 GB), yang saat artikel ini ditulis pun penulis masih punya drive 500GB yg ada di kompi dan memomy hanya 3GB(hahaha, dasar kere...), dan itupun gratis lagi. Entah berapa lama layanan seperti ini bisa bertahan, karena penulis pernah mengalami dulu di www.oosah.com yang memberikan layanan serupa (1 TB) juga, namun lama-lama tanpa pemberitahuan, tiba-tiba menghilang, jadi data-data penulis hilang tanpa jejak.

Yang kedua adalah Cloud Drive (www.driveoncloud.com) yang kabarnya merupakan salah satu service dari acrobat.com, dan sempat dinobatkan sebagai “The best free software of 2010” versi PCMagazine. Cloud drive ini menyediakan space sebesar 5GB bagi free user.

Yang ketiga adalah google drive (www.gdocsdrive.com) yang merupakan layanan dari Google. Sebenarnya layanan ini merupakan perpanjangan (entah diakuisisi atau kerjasama) antara clouddrive di atas dengan layanan google. Ini dilansir oleh pihak clouddrive sendiri "Cloud Drive’s folder related operations are broken due to Acrobat’s unstable service. We have upgraded Cloud Drive to GDocsDrive, which is based on Google Storage". Kapasitas yang disediakan yaitu sebesar 1GB untuk pengguna free, dan dikenakan biaya 5 dollar untuk kapasitas 20 GB selama 1 tahun, sayangnya penulis tidak mempunyai Paypal yang berisi uang untuk membelinya, hahaha...

Enaknya, ketiga layanan di atas mempunyai fasilitas layaknya drive biasa yang bisa diakses dari kompi kita sendiri. Jadi untuk menyimpan maupun mengambil kembali data kita cukup melakukannya dengan copy-paste atau drag-drop dari komputer kita. Dan selanjutnya kita membukanya dari manapun. Dan ini pun bisa menjadi jembatan, jika kita mau mengambil file dari kompi kita, kita tinggal nelpon dan minta tolong pd orang yg ada di depan kompi untuk mengcopy-nya ke cloud drive kita yang berupa seperti layaknya drive fisik.

Penulis sendiri merasa lebih aman menggunakan drive dari google tersebut untuk membackup data-data penting, karena tidak khawatir hilang dan stabil lagi. Dan kalaupun hilang mungkin itu kasuistik dan insidential saja, tidak akan mendadak atau tiba-tiba seperti di Oosah (tanpa bermaksud mendiskreditkan) seperti yang penulis sebutkan di atas; disamping itu, Gdocsdrive tersebut terintegrasi dengan layanan Google lainnya, yaitu Google Docs, sehingga data yang kita buat di google docs, juga bisa dibuka ataupun di download melalui Gdocsdrive tersebut. Tapi sayangnya aplikasi Gdocsdrive tersebut hanya bisa digunakan selama masa 14 hari trial, selanjutnya tidak bisa lagi. Barangkali ada yang bisa membuatnya menjadi full version? Hahahaha!

0 komentar:

Posting Komentar