We're just trying to give meaning to life and makes life more meaningful.

.

12 Agustus 2016

Install Windows 7 via LAN Sangat Mudah Menggunakan Windows Deployment Service



Bagi administrator jaringan, menginstall system operasi merupakan suatu hal yang cukup melelahkan, apalagi jika yang harus diinstall cukup banyak. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mempercepat proses instalasi, baik menggunakan CD/DVD, Flashdisk, Cloning, dan LAN.

Instalasi via LAN merupakan hal yang cukup rumit dilakukan karena harus mengkonfigurasi jaringan dengan benar, terutama setting DHCP, yang merupakan jembatan penghubung antara server dengan client yang akan diinstall. Demikian pula setting PXE boot-nya yang boleh dikatakan cukup rumit bagi pemula, baik itu di Linux maupun di OS Windows.

Namun rupanya pihak pengembang OS Windows cukup tanggap mengenai permasalahan ini, sehingga diciptakan sebuah sistim instalasi yang menurut saya cukup mudah dilakukan, baik bagi pemula sekalipun, yaitu dengan menggunakan Windows Deployment Service. Mengapa saya katakan cukup mudah, karena Windows Deployment Service (WDS) tidak memerlukan pengaturan DHCP secara detail, baik informasi PXE-bootnya, maupun OS yang akan diinstall. Hanya yang perlu diperhatikan adalah jika DHCP dan WDS berjalan di Server yang sama, perlu ada sedikit pengaturan khusus. Namun jika DHCP berjalan di lain Server, misalnya di mesin virtual, pengalaman penulis maka pengaturan DHCP tidak perlu diotak-atik lagi. Cukup install service WDS, jalankan Wizard, copy OS ke tempat khusus (kalau bisa jangan di C:), dan pastikan semua benar seperti yang dituntun oleh Wizard, dan selesai.

Saat pertama dijalankan saat penulis mencoba menginstall windows 7, yang jadi masalah adalah ketika client sudah bisa booting, tiba-tiba mentok di saat memasukkan username dan password. Setelah diselidiki ternyata format penulisan username adalah menggunakan system Deploy, yaitu instalasi via network, jadi formatnya harus seperti ini : username/Administrator, atau username@server.lan. Setelah pemasukan username dan password benar, maka proses instalasi akan berjalan dengan mulus. Dan karena instalasi berjalan via LAN, maka instalasi bisa dilakukan serentak untuk beberapa komputer sekaligus.

Begitulah kira-kira gambarannya sebagai inspirasi atau tuts (saya juga kurang paham istilah itu) tentang instalasi via LAN menggunakan Windows Deployment Service yang penulis alami.

0 komentar:

Posting Komentar