We're just trying to give meaning to life and makes life more meaningful.

.

20 Februari 2013

Ada apa dengan Cloud Drive ?

Entah kenapa aku terobsesi dengan penyimpanan online yang berupa cloud drive. Sampai-sampai seharian ini aku fokus ke masalah tersebut. Mulai dari mengecek situs-situs cloud yang pernah aku daftar dulu, sampai    pada menyatukan berbagai situs cloud tersebut menjadi satu akses, dan bahkan sampai aplikasi desktop yang bisa mengakses drive cloud itu dengan mudah.

Hmm, terlalu banyak memang layanan cloud yang ada di dunia maya, namun yang trend mungkin hanya beberapa, yang mungkin menjadi demikian karena kapasitas yang cukup besar, sampai kestabilan sistem dan lamanya kita menyimpan file-file di layanan cloud tersebut.

Sebut saja diantara layanan yang cukup terkenal adalah Google Drive, Amazone S3, Box.net, Dropbox, 4shared, dan kawan-kawannya. Hampir semua layanan tersebut menyediakan aplikasi versi desktopnya masing-masing sehingga pengguna menjadi mudah mengakses drive cloud langsung dari desktopnya, semudah mentransfer file di komputer dan network lokal. Selain itu ada berbagai macam aplikasi dektop yang bisa menjadikan semua situs cloud tersebut menjadi drive lokal, sehingga bisa diakses layaknya drive lokal sendiri, seperti webdrive misalnya.

Namun ada yang lebih mudah lagi dari sekian kemudahan yang ada yang diberikan oleh masing-masing vendor layanan cloud tersebut,  yaitu situs yang berupa system operasi cloud. Salah satu diantaranya yang cukup lengkap menyatukan diantara sekian banyak layanan tersebut adalah Zerocloud. Dari sekian banyak situs cloud bisa diakses dalam satu tempat sekaligus, termasuk semua yang sudah disebutkan diatas, ditambah dengan facebook drive, dll.

Hmm, hidup memang menjadi lebih mudah jika tahu caranya ...

Silahkan dikomentari...

0 komentar:

Posting Komentar